KEPUTUSAN UNESCO DINILAI POLITISI ( Situs Palestina Yang Dirampas)

Posted: October 30, 2010 in Uncategorized

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) telah membuat geram Israel dengan menyatakan bahwa tempat-tempat bersejarah di Tepi Barat yang diduduki Israel dan Baitul Maqdis (Yerusalem)-yang disucikan baik oleh kaum Muslim dan Yahudi-adalah milik bangsa Palestina.

Dewan UNESCO, dalam sidang dua tahunan yang berakhir pekan lalu, menetapkan proposal yang diajukan oleh negara-negara anggota Islam tentang situs-situs bersejarah dan dinilai suci baik oleh Kaum Yahudi dan Muslim.

Israel, awal tahun ini, memasukkan dua situs suci di Tepi Barat yaitu masjid Ibrahimi dan Masjid Bilal ke daftar warisan mereka.

Warga Palestina menilai penambahan dua situs tersebut ke dalam daftar warisan bersejarah Israel sebagai perampasan wilayah.

DPA (29/10) melaporkan, “Terkait masalah Masjid Bilal ewan UNESCO melakukan voting dengan hasi 44 suara setuju melawan satu suara menentang dan 12 abstain. Hasil voting tersebut menegaskan kembali bahwa situs tersebut “merupakan bagian tidak terpisahkan dari wilayah Palestina dan bahwa setiap tindakan sepihak dari pihak Israel harus dianggap sebagai pelanggaran hukum internasional.”

Pada saat yang sama, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, mengeluarkan pernyataan yang menilai keputusan UNESCO itu bersifat politis. “Penentuan situs-situs bersejarah di Tepi Barat yang disucikan baik oleh kaum Muslim dan Yahudi adalah tindakan “tidak masuk akal,” katanya.

Dewan Eksekutif UNESCO juga menyatakan “keprihatinan yang mendalam” atas operasi penggalian yang sedang berlangsung di bahwa tanah Masjid Al-Aqsa.

UNESCO dikecam para pejabat dan media Israel dengan alasan yang mereka sebut dengan “pendistorsian sejarah dan politisasi warisan budaya”.

Selama konflik 1967, Israel menduduki Tepi Barat, termasuk Baitu Maqdis timur, aksi yang telah berulang kali dikecam masyarakat internasional. (Irib.ir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s